Kenapa Sering Mengantuk Pada Saat Bulan Puasa? - Mercy Browns

Mercy Browns

Berita Terbaru Terpopuler 2019

Image and video hosting by TinyPic
PandaIDPRO - Portal Akun Pro BandarQ dan Domino WongQQ - Situs DominoQQ Online Terpercaya BaliQQ - Situs BandarQ Online Terpercaya DotaQQ - Situs PokerQQ Terpercaya AsikQQ situs judi kartu online terpercaya

Wednesday, May 22, 2019

Kenapa Sering Mengantuk Pada Saat Bulan Puasa?


Mercy Browns - Selamat Ramadan kita pastikan telah mengalami perubahan dalam pola makan dan tidur tersebut. Tidak jarang hal itu menimbulkan dengen berbagai masalah kesehatan. Apalagi jika tubuh kita kurang mampu untuk beradaptasi dengan baik. Wajar saja puasa memang sangat mempengaruhi jam biologis tubuh manusia. Bututnya, orang yang melakukan puasa banyak sering mengantuk. Ini alasan yang membuat orang sering mengantuk pada saat puasa?

Akibatnya karena dalam perubahan ritme sirkadian dengan alias jam biologis. Ritme sirkadian adalah jadwal kerja berbagai organ tubuh selama 24 jam. Dari Jadwal ini sudah diatur oleh hipotalamus yang berada di dalam otak manusia. Untuk pola makan dan istirahat tubuh yang telah berubah drastis selama bulan puasa. Pola makan dari yang awalnya tiga kali maka menjadi dua kali sehari dan disertai dengan berbagai aktivitas di malam hari bisa mengubah metabolisme tubuh.

Kemudian pada saat puasa, suhu tubuh akan menurun sering dengan berkurangnya pengeluaran hormon kortisol dan melatonin adalah hormon utama yang mengatur siklus tidur. Sedangkan hormon kortisol akan membantu otak tetap fokus pada disiang hari. Lalu banyak orang untuk menunda jam tidur agar punya banyak waktu untuk bermakan, minum, bercengkrama, atau juga melakukan dalam berbagai aktivitas lain dimalam hari. Kebiasaan mengemil di malam hari yang untuk meningkatkan serta menurunnya aktivitas fisik yang seperti olahraga pada pagi hari disitulah yang telah menyebabkan gangguan pada tidur.

Jangan Bermalas-malas



Berikut menurut dari beberapa hasil dalam penelitian, menunda waktu tidur sekitar satu jam pada saat puasa menimbulkan rasa kantuk disiang hari. Rasa kantuk biasanya datang pada pukul 14.00 sampai 16.00. ini penyebab banyak orang merasa sangat lemas sampai akhirnya terlelap disaat sedang bekerja. Untuk kondisi ini pada umumnya bisa kembali normal setelah 10 hari berpuasa, karena tubuh kita sudah mulai bisa beradaptasi.

Meskipun begitu, dalam puasa tidak boleh menjadi sebuah alasan untuk bermalas-malasan. Lalu, Bagaimana dengan cara agar tetap selalu segar bugar sepanjang hari selama berpuasa? Yang paling utama pada saat berpuasa adalah untuk mengatur jadwal tidurnya


Kalau anda kurang tidur, tubuh yang seperti punya utang sehingga mengantuk di siang hari usahakan hindari dalam paparan sinar matahari secara langsung yang sudah membuat tubuh anda cepat lemas, dan batasi dalam penggunaan gawai menonton televisi yang akan membuat mata cepat lelah. Terakhir, aturkan dalam pola makan selama bulan puasa, tubuh anda harus mendapatkan nutrusi yang sangat cukup dari makanan bergizi. selamat berpuasa dengan gembiri tanpa rasa kantuk berlebihan.

No comments:

Post a Comment